cari di sini

October 26, 2008

It Makes Me Cry.. T_T

hmm...
Siang ini gw menonton
video klip-nya Chrisye yang judulnya Lirih ..
Ini kali kedua gw nonton video klipnya
-norak ya? bodo..gw jarang nonton TV-
dan kali pertama gw nonton, gw agak2 menitikkan air mata..
gw pikir, karena memang saat itu gw lagi memikirkan suatu hal,, dan lagu itu menjadi pemicu air mata gw untuk menetes..
Tapi di kali keduanya, tadi, gw kok kembali menitikkan air mata ya?
Kayaknya kesimpulan pertama gw musti gw batalkan deh..
Sejak pertama, gw, kayaknya, memang menitikkan air mata karena video klip ini memang mengharukan.. Jadi gw menitikkan air mata bukan karena kisah gw, tapi pure karena video klipnya..

Banyak hal yang penting buat gw di Video klip itu:

1. Bagaimana istri almarhum Chrisye bernyanyi. It just so. WOW aja scene-nya..
2.
The story of the song bahwa lagu itu sebenernya lagu yang belum rilis. Dan lirik dari lagu itu kesannya menggambarkan tentang keterbatasan dari kisah antara Chrisye dengan istrinya, kematiannya.
3. Bagaimana artis-artis dan orang yang terlibat dalam video klip itu memperlihatkan dedikasi mereka terhadap legenda itu. (diantaranya ada sang istri, Peterpan, Nidji, Guruh Soekarno Putra)
4. Dan yang ultimate adalah ketika di scene penutup sang istri, Ibu Damayanti, turun dari mobil dan menuju sekelompok pemusik yang digambarkan sedang menyanyikan lagu Lirih itu -dengan suara Chrisye tentunya-. Sang istri itu tersenyum. Senyumnya itu, buat gw, mengandung banyak makna: Bahagia, terharu, beterima kasih terhadap para pemusik yang telah mendedikasikan diri mereka menyanyikan lagu itu, serta keikhlasan dari sang istri. Sang istri pun mengangguk pelan. Anggukannya mungkin, bagi sang sutradara - atau siapapun- menggambarkan terima kasihnya. Tapi, bagiku, anggukan itu mengartikan satu hal lain.

Anggukan itu terjadi, bersinggungan dengan bait yang amat menyentuh:

Adakah, kau mengerti kasih? Rindu hati ini, tanpa kau disisi?
Mungkinkah, kau percaya kasih, bahwa diri ini, ingin memiliki lagi?


di scene itulah sang istri mengangguk -dan untukku- aku lebih suka mengartikan anggukan pelan sang istri jawaban dari pertanyaan sang legenda, Chrisye.

Adakah, kau mengerti kasih? Rindu hati ini, tanpa kau disisi?
--ya, aku mengerti, karena aku pun meindukanmu
Mungkinkah, kau percaya kasih, bahwa diri ini, ingin memiliki lagi?
--ya aku percaya..

yup,,bait terakhir itu bagiku berarti sangat dalam.
Bahwa apabila ia memiliki kesempatan untuk hidup lagi, maka ia akan tetap memilikinya, atau mungkin, apabila mereka dipertemukan di alam yang sama, maka Chrisye ingin untuk bersamanya lagi.. Atau bagi mereka yang percaya, saat mereka bereinkarnasi nanti,,mereka akan saling memiliki...Lagi..

No comments:

Post a Comment