cari di sini

January 08, 2011

TO, CC, BCC

Di Sabtu pagi ini Saya akan mencoba membuat #pencitraan 'smart'. Maka Saya akan membuat sebuah Post yang isinya bukan curhatan. Walaupun posting ini berawal dari kekesalan Saya semata *lho tetap curhat*. Anyhei, I'm gonna talk about..*Ah, mari menggunakan Bahasa Indonesia saja* -Maafkan akan kejorokkan Saya dalam menggunakan Bahasa yang campur-campur. Padahal Bahasa Inggrispun Saya tidak fasih. Hanya kebiasaan #sombong semata-

Hari ini, Saya akan mencoba menulis tentang "To:, Cc:, dan Bcc:" dalam Surat Elektronik (Surel). Percayalah, Mereka ada untuk sebuah alasan. *trust me, They're there for a reason*. "To:" adalah "Kepada" yaitu orang utama kepada siapa surel tersebut ditujukkan. "Cc: -Carbon Copy-", dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai tembusan. Mereka yang berada di bagian ini adalah mereka yang boleh, sebaiknya, atau harus tahu tentang isi Surel tersebut. Bisa karena nama mereka disebut, atau ada mandat yang secara tidak langsung diberikan, atau dirujuk sebagai sumber informasi, dan lain sebagainya.
Yang terakhir, "Bcc:" atau "Blind C
arbon Copy" adalah bagian untuk orang-orang yang juga menerima Surel tersebut tanpa diketahui oleh orang lain kecuali pengirimnya. Saya tidak bisa menjelaskan mengapa perlu ada "penerima gelap' dalam sebuah surel. Tapi, SALAH SATU FUNGSI PENTING dari Bcc ini adalah ketika kita mengirimkan Broadcast Email. Baik itu berupa informasi internal kantor, apalagi eksternal kantor. Mengapa? Karena Anda tidak perlu menyebarkan alamat surel Saya kepada teman-teman Anda yang tidak Saya kenal.
Menjadi kewajiban bagi kita, tanpa izin dari sang pemilik alamat Surel, untuk menjaga dan tidak memberikan alamat surel siapapun kepada orang lain.
Fungsi lain Bcc? Saat Anda mengirimkan Ucapan Selamat Idul Fitri, Selamat Natal, Selamat Tahun Baru atau mengumumkan sesuatu seperti sebuah berita bahagia ataupun berita suka cita, TIDAK SEMUA PENERIMA HARUS MEMBACA respon-respon dari surel Anda. Apalagi apabila penerima Surel lain 'tidak terbiasa' untuk mengirim balasan langsung kepada pengirim surel SAJA.
Ya, Teman-teman, Saya juga bukan yang ahli atau pintar dalam hal ini. tetapi, mari kita sama-sama belajar untuk lebih bijaksana dan cerdas dalam memanfaatkan teknologi. Sejujurnya, Saya cukup terganggu dengan banyaknya orang-orang tidak dikenal yang meminta izin untuk berteman di YM. *akhirnya tetap curhat*

Terima kasih telah membaca, semoga berguna. :)

No comments:

Post a Comment