cari di sini

November 04, 2009

Legging untuk kuliah, what do you think?!

menulis tentang cara berpakaian, sebenarnya hal yang cukup saya hindari. Saya tidak fashionable. Memadupadankan warna saja saya sulit... Haha. Tapi apa daya, dari sekian fenomena yang ada, saya akan tetap menulisnya.

Ya, tulisan ini mungkin akan menjadi sekian rangkaian dari tulisan tenang fenomena yang saya lihat ketika saya berada di area kampus. Ya, saya memasuki kampus UI ini di tahun 2004, dan tahun 2009 ini, saya masih di sini. Dengan tugas yang berbeda.

Era globalisasi, tepatkah kita kembali mengambinghitamkan frase ini? Tapi saya memang merasa pergeseran 'cara berpakaian' memang terjadi di kampus ini. Okay, bila saya ingat, ketika saya di 'ospek' pada tahun 2004, saya dibimbing mengenai cara berpakaian yang 'baik dan benar' di kampus. Dan hal ini cukup mengena buat saya.
Tapi, tahun ini, 2009, katakanlah, saya sering terganggu dan 'annoyed' dengan cara berpakaian mahasiswa ketika di kampus. Hmm, terutama di kelas. Beberapa hal yang mengganggu adalah penggunaan legging. Okay, BUAT SAYA, legging isn't pants. *ini lebih baik bila dibanding pendapat teman saya yang saat mengedit tulisan ini berkata 'Legging isn't outfit, it's underwear'* Jadi, berhenti menggunakan legging apabila Anda memutuskan menggunakan kemeja yang panjangnya hanya sebokong Anda, terlebih lagi jika Anda memutuskan menggunakan kaos yang juga pendek. Lebih berdosa apabila Anda menggunakan kaos dan memasukkannya ke dalam legging. HAIL FASHION.
Hal kedua yang mengganggu saya adalah penggunaan baju-baju tipis sejenis 'kaos Bali'. Mengutip perkataan Mba Ratna Djuwita, "Saya suka menggunakan kaos Bali untuk tidur, karena tipis dan sejuk. Kok kalian ke kampus pakai baju tidur?" Hmm, apa perlu dijelaskan lagi?

Yang mengganggu saya bukanlah apa yang digunakan mahasiswa/i ini. Yang mengganggu adalah waktu dan tempatnya. Sebagai tulisan pertama dari rangkaian tulisan yang saya sebutkan, saya akan berkata, rangkaian tulisan saya adalah mengenai RESPECT.

Saya mencermati cara kalian berpakaian ketika kalian ke kampus, terlebih lagi Kuliah. HORMATI dan HARGAI dosen kalian yang menggunakan baju yang rapi dan sopan untuk berhadapan dengan kalian, berbagi ilmu dengan kalian. Apakah pantas kalian menghadapinya dengan baju yang, hmm, MENURUT saya kurang sopan, ya mungkin terlihat tidak rapi jadinya.
Jangan salahkan para dosen bila memandang kalian sebelah mata, meragukan kemampuan kalian atau sejenisnya. Karena, jangan berharap orang lain menghargai kalian apabila kalian tidak bisa menghargai DIRI KALIAN SENDIRI apalagi orang lain. Remember the golden ways, kids. Treat people the way you want people to treat you. Dont treat people the way you don't expect people to treat you.

Sekali lagi, saya menulis ini untuk di kampus saja. Karena di luar kampus itu hak kalian. Untuk tampil seperti gadis-gadis dan mas-mas yang pop-up dari majalah pun itu tidak salah. (pun saya bisa sangat fierce di luar kampus, sumpah!).
Menempatkan diri, tidak membuat kalian kehilangan jati diri, kok!
Dan kalo ada yang bilang: "Hey c'mon R, it's 2009!" then i'll say: "Kita tinggal di Indonesia, dan kita punya kepribadian. Think Globally, Act locally!"

No comments:

Post a Comment