cari di sini

October 05, 2010

Pro.cras.ti.nate

Pro.cras.ti.nate (from dictionary.reference.com) verb, -nat·ed, -nat·ing.
–verb (used without object)
1. to defer action; delay: to procrastinate until an opportunity is lost.
–verb (used with object)
2. to put off till another day or time; defer; delay.

Mudahnya, Prokrastinasi adalah sahabat saya. Saya sering kali menunda-nunda pekerjaan. Menunda-nundanya berkali-kali-kali-kali-kali. Bahkan, seringkali, beberapa saat sebelum deadline pekerjaan tersebut baru saya sentuh *towel-towel*.
Prokrastinasi sering kali hadir dengan sejuta alasan yang seringkali menjadi rasionalisasi dan topeng yang cantik:
1. Belum ada MOOD.
2. Ilhamnya belum datang.
3. IDE-IDE YANG DATANG SAAT DEADLINE BIASANYA CEMERLANG, GEMERLAP DAN CANGGIH LUAR BIASA.
atau memang alasan yang 'agak jujur' walau kurang cantik:
1. Susah,
2. Males,
3. Sulit untuk mengerjakan sesuatu yang kita gak suka.

anyway, Me my self belum sembuh dari penyakit ini. Alasan saya cukup elegan:
"gw udah pikirin di otak, tinggal buka leptop trus kerjain." *pas buka leptop: main game, lalalala, main game, lalalala, buka photoshop, lalalala, buka words/excel/ppt, lalalala..*
dan posting ini gak bermaksud untuk menggurui bagaimana caranya untuk bisa keluar dari habit ini, like I've told you, saya juga belum berhasil.

Tapi selama ini saya mengalahkannya dengan beberapa hal:
1. Selalu bawa buku/notes. *kalau saya bilang saya sudah memikirkannya, maka konsepnya bisa langsung saya tuangkan.-biar-gak-cuma-alasan*
2. Berperang melawan mood dan mengejar ilham dengan pergi ke coffee shop. *udah bayar mahal, sendiri, gak ada tivi, masa gak mau produktif juga?!*
3. Ngadu sama pacar. *pacar saya suka rajin marahin dan ngingetin untuk ngerjain kerja2an saya dan tidak menunda-nundanya*
4. Menjanjikan diri sendiri. *Kalau sudah selesai nanti boleh nonton dan makan sushi!* -pdhl belum selesai pun akhirnya tetep bisa nonton dan makan sushi*

Anyway, kenapa jadi panjang gini ya? padahal saya hanya ingin membagi video yang saya teukan tentang prokrastinasi ini. Hmm, andai saja prokrastinasi saya bisa seproduktif ini.

Procrastination from ism studios on Vimeo.

2 comments:

  1. R, I found a quote about procrastination:
    "Procrastinate now! Because if the world ends tomorrow, you don't have to do it"
    Ahahahahaha. You can use this as one of good rasionalization for procrastinating. Add this to your list. ;-p

    ReplyDelete
  2. Huahahaha..
    Thank You The atas bantuan untu Prokrasnya.. :p

    ReplyDelete