cari di sini

September 29, 2009

tentang sebuah ketakutan saat gw menjadi orang tua

Okay, hari ini gw akan menulis tentang ketakutan gw. Setelah gw belajar tentang Developmental Psychology, tentang Pendidikan Anak Usia Dini, intinya tentang perkembangan dan pendidikan anak, gw berpikir tentang bagaimana gw seharusnya mendidik anak gw. Gw berpikir untuk membebaskan anak gw untuk mengeksplor, dan ngga akan banyak melarang anak gw untuk bermain kotor dlsb. Tapi, ternyata, gw baru menyadari ketakutan gw.
Ketika gw berkumpul dengan keluarga gw, sepupu-sepupu gw tiba-tiba mengucapkan sesuatu yang membuat gw tersentak. Here's what they said (to me):
"Emang dia sih ngga bisa rumahnya kotor, nyapuuuu aja kerjaannya. Ntar kalo punya anak sendiri seharian dia nyapu aja"
Gw pun ikut terbahak-bahak, karena it is funny anyway. Baru sedetik kemudian gw mikir, Shut! Gw ngga sadar kalo gw sering banget nyapu rumah gw, just because ketika banyak anak-anak (kemenakan gw) mereka lari-larian ke dalam dan ke luar rumah, belum lagi mereka makan cemilan sambil jalan-jalan. Yes, gw ngga betah aja kalo ketika gw injek lantai itu rasanya ngeres, ataupun terlihat kotor karena sampah-sampah *yang kecil sih sebenernya*.
Oh my, gw takut. Karena beberapa saat kemudian, ketika anak-anak itu lari keluar rumah, gw mendengar:
"Eh, pakai sendal dulu! Nanti Tante Ayu marah."
Gw? marah? Hmm, iya, ternyata gw baru ngeh kalo setiap kali mereka berhamburan ke luar umah gw akan bilang: "Pakai sendal! Nanti kakinya kotor!" Huks, gw takut!
What if gw jadi orang tua yang kebanyakan ngelarang anak gw, yang membatasi anak gw mengeksplor dunia mereka? Hua, padahal gw sudah belajar tentang perkembangan dan pendidikan anak. Gw juga belajar pola-pola asuh yang kira-kira baik untuk mereka. Tapi, tentang kebersihan ini, bagaimana kalau gw ngga bisa mengontrol diri gw untuk tidak terlalu mengontrol anak gw. They should explore their world R!! Noted!!
Yes, i hope someday this writings would remind me not be the one i don't expect to be...

No comments:

Post a Comment