cari di sini

January 14, 2012

Dear bahasa..

Dear bahasa,
Hallo, bahasa. Entah siapa yang pertama kali menemukanmu, dan entah apa arti 'bahasa' itu sendiri. Ba-ha-sa. Bah-asa. apapun itu. Kamu adalah misteri yang selalu membayangiku. Kugunakan sehari-hari, namun tak jua kupahami sepenuhnya. Kulatih sejak kecil, namun tak juga angka 100 mampir di raportku.

Bahasa, kamu itu indah. Indah sekali. Ada dorongan entah apa dalam diriku yang ingin terus bersamamu. Mengalunkanmu melalui jemariku, karena bibirku tak begitu pantas untuk keindahan yang menari di benakku. Bahasa, betapapun ku kagumi, aku selalu merasa kurang, dan bahkan merasa tak mampu merangkaimu. Kerap kamu berakhir tak terselesaikan. Hari lain kamu akan ikut hilang terselip entah di mana. Atau hanya menjadi coretan-coretan rapi yang ku simpan untukku sendiri.

Ada dua tantangan yang kuambil untukmu, bahasa. Yang pertama, tantangan untuk menerjemahkan sebuah buku. Kupikir, ini adalah hal yang sempurna. Aku suka membaca, buku yang ku terjemahkan topiknya menarik, dan kemampuan berbahasaku memang perlu dilatih. Tantangan kedua adalah apa yang ku tulis padamu. #30HariMenulisSuratCinta. Ya, aku telat mengetahuinya, tapi ketika aku mengetahuinya aku merasa "inilah saatnya!" Satu kesempatan membuat komitmen, untuk rajin melatihmu, untuk konsisten mengalirkanmu dari otakku melalui jemariku. Karena sekali lagi, keindahanmu yang indah tak selaras dengan bibirku.

Bahasa, mulai malam ini, ayo kita berdamai. Berdansa lebih dekat. Menari bersama, diam dalam misteri, dan meliuk dengan indah. Karena itulah kamu. Dan aku ingin memahamimu.

Yang terus berusaha memahamimu,
Aku.

No comments:

Post a Comment